Sabtu, 17 Maret 2012

VIDEO Proses Lahir dan Evolusi Bulan

Sebuah video buatan NASA menggambarkan evolusi bulan selama 4,5 miliar tahun dalam 3 menit

Bulan (gawkerassets.com)

Bulan yang selalu terlihat 'setia' mengitari bulan, sepertinya tidak pernah berubah sejak dulu: dingin dan tak berkehidupan. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mencoba memberikan gambaran bagaimana evolusi bulan dalam 4,5 miliar tahun.

Dalam video berdurasi sekitar 3 menit itu, setiap lekuk wajah bulan dipahat oleh tumbukan pecahan-pecahan asteroid dan benda langit lainnya. Video ini juga memberikan perspektif bagaimana puing benda cair menjadi bola abu-abu, satelit yang kita lihat saat ini.

Video ini dibuat untuk merayakan Lunar Reconnaisssance Orbiter NASA yang ke-1.000.

"Dari tahun ke tahun, bulan sepertinya tidak pernah berubah," demikian rilis NASA, seperti dikutip dari Dailymail. Kawah dan lekuk bulan lain tampak permanen saat ini. Tapi, bulan tidak selalu demikian.


Berkat Lunar Reconnaissance Orbiter NASA, "Kita bisa melihat sejarah bulan lebih baik lagi."

Bulan diperkirakan terbentuk ketika sebuah planet sebesar Mars menghantam Bumi, 4,5 miliar tahun lalu. Tumbukan ini melempar miliaran ton materi panas ke luar angkasa.


Sejak itu, permukaan cikal bakal bulan ini dihantam dan dirobek asteroid dan benda langit lainnya hingga terbentuklah bulan dengan wajah yang kita tahu saat ini. Klik video evolusi bulan di tautan ini. (umi)

VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar